27 September 2008

Lebarannya Orang Indonesia

Hai ai.. Udah ga kerasa bentar lagi udah mau lebaran. Mmmhh.. Kalo diliat-liat tentang lebaran yang kita rayain di negara ini, ada lho ciri khasnya. Coba aja disetiap rumah pasti ada opor ayamnya setiap lebaran tiba. Kue-kue kering, sambal ati, dan yang pastinya ketupat. Wuiih enak-enak banget sih. Jadi ga sabar lebaran nih.
Biasanya setiap abis sholat Id bareng, biasanya banyak rumah-rumah yang bikin open house termasuk pak presiden kita itu. Banyak orang dateng berkunjung buat silahturahmi alias mempererat tali persahabatan. Bagus sih memang.
Tapi pernah ga kalian ngeliat sebentar aja keluar sana. Banyak orang-orang ga dikenal diluar sana tiba-tiba menuhin kota Jakarta. Mereka datang membawa keluarga besarnya. Ayah, ibu, ade, kaka, hingga neneknya pun diajak. Buat apa sih? Kebanyakan dari mereka datang buat jadi pengemis kagetan. Yaa kalo dihitung-hitung lumayan besar pendapatan mereka. Apalagi kalo dibandingin sama penghasilan sehari-hari mereka. Ckckckck..
Ironis memang. Dimana seharusnya semua orang senag saat lebaran, masih ada saudara kita sebangsa setanah air yang kesulitan uang. Jangankan ngerayain, buat beli makanan sehari-hari pun udah susah. Sedangkan kita disini yang udah enak hidupnya kadang masih buang-buang makanan seenaknya. Hadooh..
Lebih ironisnya lagi yang gw baca dan dengar, ada yang meninggal gara-gara berebutan zakat doang (Lihat : Saling Desak Saat Pembagian Zakat, 21 Tewas http://www.liputan6.com/news/?id=165255). Kan ga semestinya kejadian kaya gini ada kalo negara kita udah mampu memberikan penghidupan yang layak buat rakyatnya. Yaah begitulah negara ini. Banyak sih para politikus-politikus yang cukup sok tau itu mengkritik. Tapi kasih solusinya juga dong! Jangan cuma bisa kritik doang.
Ada lagi berita yang gw denger bahwa menjelang lebaran pasokan minyak tanah LANGKA ! Busseet dah.. Itu kan kebutuhan orang banyak yang amat sangat vital. Kenapa bisa sampe ga ada sih?? Mungkin ada sebagian pihak yang mencoba ambil untung dari sini. Mereka dengan merasa ga bersalah dan menjunjung prinsip ekonomi, menimbun bahan-bahan kebutuhan masyarakat di dalam gudangnya masing-masing. Emang sih ga salah-salah amat tapi liat situasinya juga dong! Dimana hati merka yah sebenernya? Apa udah di kuburan? Hahaha..
Yah mungkin itu sedikit cerita dari gw tentang lebaran kali ini yang mungkin ga berbeda jauh sama lebaran-lebaran yang akan datang. Gw sih berharap kalo lebaran tahun depan lebih banyak hal yang menyenangkan. Kasian masyarakat Indonesia yang tiap hari udah stress. Kasihlah kesenangan sedikit buat mereka.
Akhir kata sebelum lebaran..


MAAFIN GW YAK! SELAMAT HARI LIBUR LEBARAN!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sama2, met lebaran :D