21 September 2008

Kepanitiaan Acara Sekolah : Perlu Ga Sih EO ??

Dulu ketika kita SMA, sering kali kita datang ke acara-acara pentas seni kan? Disana kita bisa nemuin banyak artis, suasana panggung yang meriah, penonton ribuan, hingga stand-stand makanan yang ngebuat air liur ga terasa keluar. Tapi pernah ga sih kalian memikirkan bagaimana cara ngebuat acara berskala gede kaya gitu? Gimana susahnya? Nah sekarang gw pengen jelasin nih.
Ini pengalaman pribadi sewaktu SMA. Waktu itu sekolah gw ga pake EO yang biasa dipakai sama sekolah-sekolah lainnya. Jadi bisalah sedikit bercerita gimana ribetnya nyiapin itu acara. Coba bayangin. Dana yang segitu gede cuma dikasih waktu ngumpulinnya 1 bulan doang! Alamat mesti jadi, kerjalah kita semua.
Pertama-tama yang harus disiapin itu tentunya planning yang matang. Mikirin mulai dari jajaran panitia, buat proposal, nentuin tema tahun ini, hingga apa yang pengen didapet acara pada tahun ini. Ga kaya sekolah-sekolah lainnya yang ngandelin duit buat bayar EO, kali ini panitia yang dibuat dalam skala besar. Dari divisi acara buat yang ngontrak artis, produksi yang ngurusin panggung dan sound sistem yang dipake, sponsor yang bagiannya nyari duit ke perusahaan-perusahaan dan ngurusin stand, perlengkapan yang nyiapin barang-barang demi kenyamanan acara, perizinan yang minta izin biar acara ini terselenggara, publikasi yang meng-iklan-kan acara ini, dekorasi yang ngebuat suasana sekitar panggung sesuai tema, keamanan yang ngejaga kelancaran acara ini, kesehatan yang selalu siap sedia untuk penonton, kebersihan yang bagian bersih-bersih, dokumentasi yang ngerekam acara ini dari awal sampe akhir, dan yang terakhir sekertaris yang selalu nyatet dan nyatet. Nah sekarang bakalan dijelasin kendala-kendala apa aja sih yang bakalan dihadapi.

SEBELUM HARI H :
ACARA
Divisi ini tugasnya cukup sulit. Kadang hal yang terjadi biasanya dana yang disediakan bagian sponsor kurang dari harapan anak acara. Alhasil biasanya dengan uang seadanya mereka nyari artis yang seadanya pula. Nah, itu yang salah! Jangan putus asa dulu dong. Kan bisa aja nyari sponsor yang mau bayarin artis-artis top. Selain itu juga masalah yang muncul, artis yang diundang itu-itu doing. Ga kreatif! Itu demi mendapatkan jumlah penonton sebanyak mungkin. Saying memang kalo tujuannya cuma itu.

PRODUKSI
Buat divisi ini yang jadi kendala biasanya cuaca. Bayangin aja. Kerjaan berhenti kalo cuaca ga mendukung alias hujan. Ya mau gimana lagi. Mau ga mau kerjaan haris ditunda. Salah satu solusinya mungkin dengan menutup orang yang lagi kerja sama tirai atau penutup lainnya biar waktu pengerjaan ga molor dari jadwal.
SPONSOR
Nah ini dia! Satu divisi TERPENTING sebuah acara. Ga ada duit ga jalan acaranya. Apalagi kalo jumlah yang nyari uang dikit. Bisa-bisa terancam ga jadi acaranya. Yang kadang jadi masalah adalah si pihak sponsor kadang ngulur-ngulur waktu dalam member keputusan mereka ikut partisipasi apa engga. Jadi untuk solusi itu sebaiknya sponsor yang udah kita kasih proposalnya kita teleponin tiap hari. Biar mereka inget sama kitalah!

PERLENGKAPAN
Kalo bagian ini yang biasanya jadi kendala yaitu kurangnya pengetahuan si pencari barang-barang perlengkapan sehingga sulit untuk menyewa dengan harga memuaskan. Terkadang barang yang dicari emng ga ada pinjeman dan terpaksa harus beli. Untuk itu sebagai salah satu solusinya sebaiknya si pemburu barang sewaan lebih sering baca catalog sama survey langsung ke tempat-tempat penyewaan.

PERIZINAN
Ini cukup vital untuk keberlangsungan acara. Ga dapet izin sama aja acara ga jalan. Kecuali mereka nekat. Biasanyha yang jadi masalah bukan si bagian perizinan itu sendiri tapi malah ke jalur birokrasi yang terkadang ribet ga ketolongan. Alhasil duit pun berbicara. Demi kelancaran acara apapun dilakukan. Bayaran lebih ke petugas salah satunya. Jadi wajarkan korupsi di Indonesia ga bakal pernah tuntas.

PUBLIKASI
Acara mesti terkenal! Itu yang selalu ada dipikiran anak publikasi. Biar yang dateng banyak, publikasi pun harus jor-joran. Tapi ada satu kendala. TRANTIB. Itu yang biasanya suka ngeselin. Baru aja ditempel poster, eehh udah di cabut. Emang sih ga boleh sembarangan nempel. Udah ada undang-undangnya. Dan kalo mau naatin peraturan, kita diharuskan membayar tiap poster yang akan kita tempel dan harganya ga murah. Alhasil kejar-kejaran sama trantib pun ga terhindarkan.

DEKORASI
Kalo buat yang satu ini, otak kreatif bener-bener dibutuhin. Biar acara sama tema nyambung ga nabrak. Ga jarang orang-orang di divisi ini kehabisan ide buat menghias dinding-dinding sekitar panggung. Dan terkadang yang terjadi, dekor yang ada sedikit memaksakan dengan temanya dan itu bisa menjadi citra buruk di acara itu sendiri.

PAS HARI H :
KEAMANAN
Berjalan sukses engganya suau acara dipengaruhi faktor keamanan. Kalo acara itu bisa berlangsung dengan lancar tanpa gangguan apapun berarti acaranya sukses. Tapi yang biasanya jadi masalah, ada pihak-pihak yang menamakan dirinya perwakilan masyarakat minta ambil bagian. Setelah panitia setuju mereka ngebantu acara dengan bayaran sejumlah uang, biasanya tetap aja ada yang ga kerja. Sehingga keamanan acaranya itu sendiri ga terjamin. Alhasil, udah bayar mahal-mahal tapi keamanan dan kelancaran tetap aja ga terjamin. Untuk masalah itu solusi terbaik yaitu carilah pihak-pihak yang emang udah memiliki rasa saling percaya. Jadi soal bayaran bukan jadi masalah besar.
KESEHATAN
Ada penonton pingsan? Inilah tugasnya divisi kesehatan. Mereka harus sebisa mungkin melakukan pertolongsn pertama buat penonton yang sakit tersebut. Tapi yang jadi kendala biasanya pengetahuan yang didapat tim kesehatan ini belum cukup buat penyakit-penyakit aneh. Alhasil daripada semakin memburuk biasanya tim kesehatan membawa penonton yang sakit cukup parah langsung ke rumah sakit terdakat. Hitung-hitung daripada nyawa melayang!

KEBERSIHAN
Setelah penonton datang, tempat acara pasti berantakan alias kotor banget! Ini tugas khusus anak-anak kebersihan.demi menjaga kenyamanan penonton selama acaranya, maka sampahpun sebisa mungkin bersih meskipun ga mungkin. Tapi yang biasa jadi kendala itu dari anak-anaknya sendiri. Ngerasa kerja mereka ga terlalu sulit, merka justru pada duduk-duduk diam. Nunggu sampe tong sampah penuh dulu baru kerja. Solusinya seharusnya mereka itu mobile. Selalu nyisir lapangan tempat acara berlangsung biar kenyamanan penonto terjaga.

DOKUMENTASI
Mau acara bisa diputer ulang kan?? Itulah kegunaan divisi publikasi. Merekalah yang ngerekam, foto-foto, hingga ngedit hasil itu semua ke dalam sebuah cd. Harapannya si rekaman bagus. Tapi apa yang didapet biasanyaga maksimum. Biasanya alat-alat yang diperlukan ga semuanya bisa terpenuhi. Nyewa alat dokumentasi itu ga murah lho! Jadi biasanya biaya yang dikeluarin harus gede. Tapi kalo soal dana buat dokumentasi lancar, dijamin hasil rekaman video atau foto bakal bagus sesuai dengan keinginan.
Itulah sebagian kecil kesulitan-kesulitan yang biasa dihadapin kalo mau ngadain acara skala lumayan gede. Jadi buat kalian-kalian yang pengen buat acara yang sukses, selamat berfikir matang-matang sebelum ngadainnya. Ga susah kok!

Tidak ada komentar: