25 September 2008

Orangutan oh Orangutan..

Orangutan. Mungkin itu bukan nama yang asing buat orang Indonesia. Hewan berwarna cokelat yang sering bergelantungan di pohon-pohon tinggi. Banyak berkeliaran di hutan Kalimantan. Slah satu hewan dengan wajah lucu. Hahaha..
Namun mungkin di tahun 2011 nama orangutan akan segera menjadi asing buat orang Indonesia. Dan mungkin juga akan banyak kita temukan di pasar-pasar hewan. Hal tersebut dikarenakan nasib orangutan yang jumlahnya tiap hari makin menipis. Hal ini ditunjukkan dengan laju kepunahan orangutan sekitar 9 persen per tahun(http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/04/13260227/waduh.tahun.2011.orangutan.di.kalteng.bisa.punah).
Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab utamanya?? HUTAN. Itulah jawabannya. Hutan di Indonesia terutama di Kalimantan sudah jauh berkurang. Sebagian besar wilayah hutan kini telah beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit. Memang masih ada hutan lindung. Namun karena banyaknya perusahaan nakal yang memiliki dana cukup besar, akhirnya banyak wilayah yang seharusnya sebagai hutan lindung juga ikut-ikutan beralih fungsi. Meskipun begitu sepertinya pemerintah tetap menutup mata akan penyelewangan seperti ini.
Semakin berkurangnya jumlah orangutan yang telah masuk dalam daftar hewan langka, ini juga semakin diperparah dengan penjualan hewan. Karena harganya yang tinggi, tidak sedikit para pemburu yang berniat untuk menjualnya ke pasaran terutama luar negri. Dan banyak pula orang asing yang berminat untuk memelihara hewan ini.
Sudah banyak sebenarnya yang dilakukan pemerintah dan badan dunia untuk tetap menyelamatkan hewan satu ini. Mulai dari membuat undang-undang, memasukan dalam daftar hewan langka, hingga membentuk organisasi perlindungan orangutan. Namun semua itu tetap akan percuma jika aparat pemerintah serta masyarakat tidak tanggap. Untuk itulah perlu diadakan sosialisasi yang lebih untuk masyarakat Indonesia.
SAVE OUR FOREST !!

Untuk info lebih lanjut dapat dilihat di


Tidak ada komentar: