22 Oktober 2008

Hati-hati Mandul !!

Manusia zaman sekarang ini, dapat dikatakan tidak dapat terlepas dari alat-alat elektronik, salah satunya telepon seluler. Alat ini sebenarnya berguna untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi. Namun semakin ke arah modern seperti sekarang ini, ditemukan pula indikasi bahwa telepon selular memiliki beberapa dampak negatif yang salah satunya dapat menyebabkan kemandulan. Mengapa bisa begitu?
Menurut dugaan sementara para peneliti, hal ini disebabkan radiasi gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh telepon seluler. Gelombang elektromagnetik sendiri bermacam-macam antara lain : sinar ultra violet, sinar X, dan sinar Gamma. Dari ketiga sinar tersebut, yang paling kuat yaitu sinar Gamma. Sinar tersebut adalah yang paling berbahaya menurut para peneliti karena memiliki paling banyak radiasi partikel yang banyak dihasilkan alat-alat elektronik seperti tabung TV, monitor komputer, dan telepon seluler.
Radiasi partikel itu sendiri dapat diserap oleh bagian-bagian tubuh. Jumlah banyaknya partikel yang diserap bermacam-macam. Adapun dosis serapan energi radiasi partikel tersebut sebanyak 0,0088 joule/kg udara atau 0,88 rad. Pada setiap bagian tubuh manusia memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap energi radiasi partikel. Semakin banyak energi yang didapat, maka semakin berbahaya untuk kesehatan tubuh.
Berikut ini jumlah energi yang dapat diserap tubuh dan akibatnya :
  • Energi 50 rem --> Mulai tampaknya dampak biologis radiasi
  • Energi 100 rem --> Selera makan hilang, rambut rontok, muntah, diare, pucat, kemandulan , kanker, leukimia, kemandulan tetap pada wanita, kemandulan 3-4 tahun pada pria
  • Energi 200 rem --> Kematian (10%) dalam beberapa bulan
  • Energi 450 rem --> Kematian (50%) dalam beberapa bulan
  • Energi 700 rem --> Kematian (90%) dalam beberapa bulan
  • Energi 1000 rem --> Kematian dalam beberapa hari
  • Energi 10000 rem --> Kematian dalam beberapa jam
  • Energi 100000 rem --> Kematian dalam beberapa menit

Dapat dilihat di atas bahwa kemandulan pada pria dapat ditimbulkan apabila batas energi radiasi yang ada mencapai 100 joule. Energi tersebut dapat terkumpul apabila digunakan selama 1 jam selama sebulan berturut-turut. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk menyimpan telepon seluler di saku celana pengguna.
Selain dari radiasi yang disebabkan alat-alat elektronik, ada pula radiasi yang disebabkan oleh alam dan aktivitas manusia itu sendiri. Contoh faktor alam : sinar kosmis dan radioaktivitas batuan. Contoh faktor aktivitas manusia : radiografi gigi, mamografi, terapi radiasi, dll. Hal ini semakin memperparah kemungkinan seseorang mengalami kemandulan.

Jadi akhir kata sebagai penutup,

"Hati-hati loh, siapa tau kamu salah satu diantaranya!!"



2 komentar:

Zulfikar hakim mengatakan...

huhuhu, berarti bahaya juga dong. tapi buat KB lumayan juga tuh. hehehe

Anonim mengatakan...

ganteeng!

sekalian tukeran link ya..