09 Oktober 2008

Gagal Ginjal Itu Apa Ya???

Temen-temen pasti pernah denger kan apa itu penyakit gagal ginjal? Ya. Penyakit gagal ginjal adalah penyakit yang menyerang ginjal manusia tentunya atau dapat lebih dipertegas dengan penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.
Tapi sebelum kita lebih jauh membahas ke masalah tersebut, ada baiknya kita mengetahui apa sebenarnya fungsi dari ginjal itu sendiri. Fungsi utama ginjal yaitu membuang "sampah" metabolisme dan racun tubuh dalam bentuk urin / air seni, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Apabila ada penurunan fungsi tersebut, maka dapat dikategorikan gagal ginjal. Adapun gagal ginjal dapat diketahui melalui beberapa gejala yang biasa disebut sindroma uremi antara lain:
  • Mual, muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Sakit kepala, lemah
  • Sering masuk angin
  • Sesak nafas, kembung, diare
  • Sering 'ceguken'
  • Mula-mula sering kencing malam hari, kemudian kencing berkurang atau sama sekali tidak kencing
  • Pada keadaan berat terdapat penurunan kesadaran disertai kejang-kejang

Apabila pasien sudah mulai menunjukan gejala-gejala di atas, segera bawa ke rumah sakit. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Hahaha.. Sebenarnya ada beberapa alasan seseorang dapat terjangkit penyakit ini. Sebagian besar merupakan dampak dari penyakit lain seperti tekanan darah tinggi (Hypertension), Diabetes Mellitus, adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur), lupus eritematosus sistemik, kanker, glomerulonephritis, dll. Kebanyakan penyakit-penyakit tersebut diakibatkan karena penderita kurang mampu mengatur gaya hidupnya.

Namun apabila telah terlanjur terjerumus pada penyakit ini, ada beberapa cara yang digunakan agar pasien dapat tetap sehat. Cara-cara tersebut antara lain :

  • Pencucian darah (Haemodialisa dialysis)
  • Terapi ginjal pengganti (TGP) yaitu dengan transplantasi ginjal atau pencangkokan ginjal
  • Diet

Semoga sedikit informasi ini dapat menambah pengetahuan teman-teman semuanya. Dan dengan pengetahuan yang kita miliki, kita dapat mencegah bertambahnya penderita gagal ginjal di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman dapat mengakses di:

http://www.ginjalinfo.com/

http://www.infopenyakit.com/2008/05/penyakit-gagal-ginjal.html

2 komentar:

Rachavidya mengatakan...

ganesha
thx infonya
add blog awak juga yah,,
blog kau bakal awak link pula

Anonim mengatakan...

chaa.. kerjaan bokap gw ituh.. hahaha.. mau konsultasi??
eh, foto di bawah blog lo beben close-up bener.. :D