07 September 2009

Arti Sebuah Kematian


Kematian
. Apakah sebenarnya esensi dari sebuah kematian? Belum satu orang pun yang mengerti sebenarnya apa kematian. Banyak dari mereka yang membicarakan tentang kematian. Mereka menggambarkan kematian adalah suatu hal yang seolah-olah suci. Apakah benar begitu adanya? Apakah Tuhan disana memang mengagung-agungkan ap yang disebut dengan kematian? Atau justru Ia mengolok-olok arti kematian itu sendiri? Sampai sekarang pun aku masih mencoba mencari jawabannya.

Banyak orang diluar sana memperdebatkan kehidupan setelah mati. Sampai sekarang pun, aku masih sering mempertanyakan bagaimana sich kehidupan setelah mati itu? Mereka selalu bercerita seolah-olah mereka telah mengalami apa yang dinamakan kehidupan setelah mati. Menurutku itu tidak fair. Kita yang masih hidup di dunia ini, tidak seharusnya mempermasalahkan itu. Yang seharusnya kita lakukan sekarang selama masih hidup adalah bagaimana cara kita hidup yang benar. Soal kehidupan setelah mati itu bagaimana, serahkan semua keputusannya kepada Tuhan. Sebab aku pun tak mampu menjawabnya.

Sering orang diluar sana mengkaitkan antara kematian, surga neraka, serta baik buruk. Sebenar-benarnya, apakah yang mereka ketahui tentang itu semua? Tidak ada jawabnya! Aku yakin, tak satu pun dari mereka yang mengerti hakikat mendasar dari itu semua. Apakah memang benar adanya surga neraka itu? Bagaimana jika ternyata keduanya itu tak ada? Mungkin ada benarnya lagu Dewa 19 yang dimana salah satu liriknya berkata "jika surga dan neraka tak pernah ada. Masihkah kau, sujud kepada-Nya?" Aku pun bingung jika membayangkan itu semua. Tetapi jika itu benar, maka selama ini manusia telah hidup dalam kebohongan besar!


Nasib terb
aik adalah tidak pernah dilahirkan

Yang kedua, dilahirkan tapi mati muda

Dan yang tersial adalah berumur tua

Berbahagialah mereka yang mati muda..




5 komentar:

echuu mengatakan...

jelas, kita ga tau apa yang akan terjadi kalo udah mati karena kita belum mati.

tapi kematian hebat yak, dia bisa menghilangkan seluruh yang kita miliki dengan sangat cepat : cewek, harga diri, popularitas, kesaktian, ataupun yang lainnya.

aneh juga, kita dilahirin ga bawa apa-apa, diberi kesempatan nyicip dunia, terus dimatiin tanpa bawa apa-apa. pertanyaan tentang kematian mirip-mirip dengan pertanyaan di post sebelumnya, tentang atheis : mungkin ga bisa dijawab sampe kita mati. enjoy life aja kayak kebiasaan lw nes, haha.

haha, lw nampak nyesel dilahirin nes,

prista mengatakan...

ganeshaaa semangat nesh semangat semangat semangat semangat semangat karena lo adalah orang yg paling bersemangat! :D

Anonim mengatakan...

hai Ganesha..
mampir kesini yah :
http://hmesebagaisolusi.wordpress.com

dongengdenis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dongengdenis mengatakan...

bagaimana bisa hidup dengan benar apabila kita tidak pernah ingat akan kematian? anggap saja ajal akan menjemput setelah 5 menit membaca komentar ini, itupun tidak bisa dijamin. nice blog btw.

*double post*